KKG-MI Kabupaten Aceh Timur

KELOMPOK KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (KKG-MI)

KKG-MI Kabupaten Aceh Timur berdiri pada tanggal 27 Juli 2017, dengan SK Kepengurusan bernomor : 2111 Tahun 2017. KKG-MI ini membawahi 3 rayon diantaranya rayon Idi, Peureulak dan Simpang Ulim.

Dasar hukum pembentukan KKG-MI ini berdasarkan PMA Nomor 60 tahun 2015 tentang peubahan atas PMA Nomor 90 tahun 2013 tentang penyelenggara pendidikan Madrasah. “Pasal 47A (1) guru dapat membentuk Forum Kelompok kerja Guru (KKG) dan ayat (2) KKG sebagai  mana dimaksud pada  ayat (1) dapat dibentuk pada  tingkat  satuan pendidikan madrasah, kecamatan, dan kabupaten /kota.

KKG-MI merupakan wadah bagi guru madrasah ibtidaiyah untuk berbagi informasi, pengalaman dan lain sebaginya. KKG bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru sehingga dapat berkembang dalam meningkatkan kreatifitas dan efektifitas dalam mengelola pembelajaran, yang akhirnya diharapkan dapat menemukan atau menciptakan inovasi dalam pembelajaran.

Seiring dengan tujuan tersebut, KKG-MI merupakan kelompok kerja yang fokus perhatiannya pada peningkatan kualitas pembelajaran diantaranya kurikulum, perangkat pembelajaran, inovasi pembelajaran, termasuk evaluasi pembelajaran.

KKG-MI Kabupaten menjadi wadah khususnya dalam pelatihan pemandu di masing-masing rayon yang nantinya setelah pelatihan ini diterima, masing-masing pemandu akan menerapkannya dimasing-masing rayon baik itu Idi, Peureulak dan Simpang Ulim. Pelatihan pemandu dilaksanakan sebulan sekali dan diharapkan nantinya semua guru madrasah ibtidaiyah dalam Kebupaten Aceh Timur dapat merasakan manfaat dari keberadaan Kelompok Kerja Guru ini.

Program perdana yang telah dilakukan adalah Kegiatan Piloting Program Pengembangan Keprofesian berkelanjutan (PPKB), selain itu ada beberapa program lainnya yang akan dilaksanakan di tahun 2018 ini, diantaranya : Penyusunan kalender akademik, jadwal pembelajaran kurikulum 2013, Pelatihan membuat media pembelajaran berbasis powerpoint dengan memanfaatkan hyperlink, penyusunan program tahunan dan semester. Pelatihan membuat media ajar teka teki silang, pelatihan membuat media komik pembelajaran, pelatihan QRCode sebagai media pembelajaran, penyusunan kisi-kisi soal ujian madrasah, pembuatan blog dimasing-masing madrasah yang nantinya dapat mendorong guru untuk mau menulis sesuai dengan yang sedang digalakkan pemerintah yaitu menumbuhkan budaya   literasi khususnya dimadrasah dan program-program lainnya.

KKG-MI juga berencana bekerjasama dengan wadah-wadah lain untuk peningkatan profesionalitas guru, diantaranya Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), IGI (Ikatan Guru Indonesia), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Kami berharap perhatian dan dukungan dari berbagai pihak untuk peningkatan mutu bagi guru madrasah lewat forum KKG-MI ini, dan Semoga keberadaan KKG-MI Kabupaten Aceh Timur dapat bermanfaat bagi peningkatan profesionalitas guru dan peningkatan mutu madrasah Aceh Timur khususnya dan pendidikan Indonesia pada umumnya.

(Penulis adalah Ketua KKG-MI Kabupaten Aceh Timur, Agussalim, S.Pd.I)

Komentar